Minggu, 14 November 2010

Sad movie (2005)



13 November 2010   10:00 wib

Telat banget deh, sebenernya mau me-resensi film ini. Tadi baru aja mau cari gambar2 sad movie yang bagus, malah nemu resensi bagus yang bisa jelasin isi film ini secara keseluruhan, jadi, aku copas dari situsnya langsung. Untuk penilaian pribadi sih, kurang lebih sama dengan apa yang udah ditulis, tapi satu tambahan plus dari aku buat film ini: Background musik yang catchy banget! mungkin subyektif, soalnya aku sendiri suka banget sama musik jenis kayak gini.
Oke, nggak pake lama, dinikmatin dulu resensinya di bawah ini. Doozo! ^^/



                
Category: Drama


Pemeran : Jung Woo-Sung, Im Su-Jung, Cha Tae-Hyun, Yeom Jung-Ah, Shin Min-Ah, Son Tae-Yung, Lee Ki-Woo
Sutradara : Kwon Jong-Gwan
Skenario : Kwon Jong-Gwan
Studio : Myung Film Company Ltd
Durasi : 101 menit
Kategori : >13 (adegan percintaan)

Segmen Penonton :
Film khusus bagi yang ingin menguras kantung air mata. Tidak disarankan buat para pembenci film sedih, dan film seperti Love Actually yang memiliki multi-stories yang berjalan secara paralel. Bagi yang ingin mengenal ciri-ciri dasar film Korea, cocok dimulai dari film ini, karena kekuatan utama film Korea sebagai tear-jeaker dan romantic scenes kelas wahid bisa dilihat di film ini.

Sinopsis :
Film ini terbagi menjadi 4 buah cerita yang berjalan secara terpisah, tapi sebagian saling bertemu satu sama lainnya di beberapa bagian film.
Cerita #1 :
Kisah cinta antara seorang petugas pemadam, Jin-Woo (Jung Woo-Sung) dengan seorang penerjamah bahasa isyarat di acara berita televisi, Su-Jung (Im Su-Jung). Kedua pasangan ini sudah cukup lama membina hubungan dan terlihat sudah layak masuk ke tahap hubungan yang lebih erat. Tapi Jin-Woo terlihat masih belum bisa melepaskan tanggung jawab profesinya sebagai petugas pemadam, dan masih menggantung masa depan hubungan cintanya dengan Su-Jung. Di lain pihak, Su-Jung selalu tersiksa saat mendengar ada musibah kebakaran, dimana ia selalu khawatir sesuatu yang buruk terjadi pada Jin-Woo
Cerita #2 :
Adik Su-Jung, Su-Eun (Shin Min-Ah) adalah seorang gadis tuna rungu yang bekerja sebagai badut di sebuah taman hiburan. Secara tidak sengaja, Su-Eun bertemu Sang-Gyu (Lee Ki-Woo) pemuda tampan yang berprofesi sebagai pelukis potret di sekitar taman hiburan tempatnya bekerja. Diawali dengan jatuhnya selembar lukisan Sang-Gyu, mulailah Su-Eun mencoba menarik perhatian lelaki tersebut, walaupun hanya berani dilakukan dari balik topeng badutnya. Bekas scar di pipinya, dan kenyataan bahwa dia adalah seorang gadis tuna rungu membuat Su-Eun tidak punya keberanian menampakkan sosok aslinya di hadapan Sang-Gyu. Di lain pihak, Sang-Gyu menjadi amat penasaran dengan sosok dibalik kostum badut tersebut, dan terus membujuk untuk menggambar potret wajah Su-Eun, asalkan ia mau melepaskan topeng badutnya dulu.
Cerita #3 :
Ju-Yung (Yeom Jung-Ah), seorang ibu yang berstatus sebagai wanita karir, memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan putranya, Hui-Chan (Yeo Jin-Goo) yang masih di sekolah dasar. Akibat hubungan dan sang ibu yang tidak manis, berulang kali Hui-Chan membuat masalah di sekolahnya. Sampai suatu waktu, sang ibu mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus terbaring cukup lama di rumah sakit. Saat itu, hubungan anak-ibu itu perlahan-lahan mulai terjalin lebih erat, terlebih setelah Hui-Chan secara tak sengaja menemukan buku harian sang ibu yang menceritakan segala hal tentang dirinya yang belum pernah ia ketahui sebelumnya.
Cerita #4 :
Seorang pengangguran, Ha-Seok (Cha Tae-Hyun) memiliki kekasih Suk-Hyun (Son Tae-Yung) yang bekerja sebagai kasir di sebuah pasar swalayan. Suk-Hyun belakangan mulai merasa muak dengan Ha-Seok yang tidak pernah menemukan pekerjaan yang tetap. Ketika Suk-Hyun memutuskan ingin mengakhiri hubungan tanpa masa depan itu, Ha-Seok memohon Suk-Hyun untuk memberi waktu 3 bulan baginya untuk mencari pekerjaan yang menjanjikan buat masa depan mereka. Tak disangka, di tengah perjalanan, Ha-Seok dimintai tolong oleh seorang wanita tak dikenal untuk menyampaikan keinginan untuk break-up dengan pacarnya melalui sebuah telepon umum. Ketika sang wanita akhirnya memberinya uang setelah Ha-Seok menyampaikan pesan break-up tersebut, sadarlah Ha-Seok bahwa pekerjaan sebagai Separation Agency, penyampai pesan break-up, merupakan jenis pekerjaan baru yang dapat digunakan untuk mengumpulkan uang, sehingga kekasihnya dapat tetap bertahan mencintainya.

Resensi :
Keempat cerita di atas tadi berjalan beriringan disepanjang film ini. Meskipun tak semua cerita bertautan secara langsung di bagian akhir film, tapi korelasi antar satu dan lainnya cukup terjalin secara manis di film ini. Terus terang, saat awal film ini, gue mempertanyakan kepantasan film ini menjunjung judul "Sad Movie". Sebuah judul yang kesannya kurang kreatif, tapi ternyata secara jujur memang mengungkapkan sosok film ini apa adanya. Film ini memang kelihatannya sengaja dibuat untuk menguras air mata penonton, tidak cukup dengan hanya satu plot cerita, tapi sekaligus dengan 4 buah cerita! Bagi yang sering menonton film Korea, maka pasti sudah tahu kalau film-film Korea memiliki cerita yang gak jauh-jauh dari penyakit mematikan, kecelakaan, cinta tak berbalas dan hal lainnya yang dapat memompa air mata. Semuanya bisa dibilang di(paksakan?) hadir di film ini, dengan porsi yang ringkas, tapi dengan kekuatan tear-jeaker yang gak kalah dahsyat. Akting para pemain di film ini cukup sukses membuat para karakternya untuk masuk di hati para penonton. Dengan jumlah karakter utama yang mencapai paling tidak 8 orang (2 karakter utama untuk setiap cerita), maka bukan hal gampang membuat penonton untuk bersimpati ke semua karakter tersebut. Film ini juga terkadang dibumbui adegan humor yang romantis dan unik, terutama di bagian awal film. Bagian favorit gue adalah cerita tentang hubungan gadis berkostum badut dan sang pelukis potret yang bisa ditampilkan secara amat cute oleh sang sutradara. Pemilihan latar belakang cerita yang unik, seperti pekerjaan sebagai "Separation Agency", alias jasa menyampaikan pesan putus kepada seseorang, menurut gue juga merupakan suatu bentuk orisinalitas yang oke dari film ini. Acungan jempol juga patut diberikan buat seluruh pemeran di film ini, karena mereka tidak bermodalkan wajah tampan/cantik aja, tapi juga mampu menghasilkan akting yang nyaris tanpa cacat. Sayangnya bagian akhir film ini menjadi tidak terlalu mengejutkan, karena semuanya bisa diperkirakan sejak 3/4 film. Dan tentu saja karena judulnya sendiri sudah dengan lantang membocorkan arah ending film ini : Sad Movie. Elemen kejutan menjadi satu-satunya hal yang hilang dalam film ini, dan pada satu adegan, terlihat sang sutradara berupaya memompa air mata penonton secara agak berlebihan, dan hal itu justru membuat cerita menjadi sedikit terasa hiperbola. Yang jelas, secara obyektif, film ini mungkin masih mempunyai beberapa kekurangan (layak 4 bintang), tapi secara subyektif, gue amat suka dengan semua elemen cuteness, tragic, and paralel stories di dalam film ini (secara personal gue kasih bintang 5!). Buat gue, film ini layak memakai judul itu, karena film ini sempat membuat gue susah payah untuk menahan air mata......suatu yang hampir tidak pernah bisa dicapai saat gue menonton film-film Hollywood yang dikategorikan paling cengeng sekalipun.






Penampilan terbaik : Shin Min-A

Kualitas Film :
Akting : *****
Jalan Cerita : *****
Nuansa Drama : *****
Penyutradaraan : *****
Segi Hiburan : *****
Keseluruhan : *****


Di Balik Layar :

Film ini termasuk film yang bertabur bintang, karena hampir semua bintang utama di setiap segmen cerita, memiliki kepopuleran yang sudah tidak asing bagi pecinta film Korea.


Seputar Film :
Sudah ditonton oleh 863,720 orang sampai bulan Juni 2006.

Resensi diambil di : http://f1rm4n.multiply.com/reviews/item/90

Nah, untuk teman2 yang tertarik dan belum liat filmnya, bisa di unduh disini:
http://www.indowebster.com/sad_movie_2005.html

untuk subtittlenya:
http://www.indowebster.com/sad_movie_srt.html

atau subtittle Indonesianya:
http://www.indowebster.com/sad_movie_ind.html

Untuk soundtracknya, bisa teman2 unduh disini:
http://www.4shared.com/file/I8SbKEMK/Sad_Movie_Ost.htm

atau disini, lebih lengkap:
http://www.4shared.com/file/Vn2FshqX/Sad_Movie_OST_-_Disc1.htm
http://www.4shared.com/file/Z8Elv7kY/Sad_Movie_OST_-_Disc_2.htm

Dan bgm special film ini, bisa di unduh disini:
http://www.4shared.com/audio/SbWXphmV/Ost_Sad_Movie_Piano_Solo.htm

Okee, mudah2an bisa buat teman2 semua bisa menikmati fim ini secara full,..last words, enjoy this movie deh,..its worth ^^b

-thesadandhappybear-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar